Rabu, 14 Desember 2011

CARA MENGATUR KEUANGAN SENDIRI

Pasti tidak mudah untuk mengatur keuangan sendiri. Apalagi untuk anak-anak yang diberi uang jajan sebulan langsung oleh orang tuanya. Kalau dia tidak bisa mengontrol keuangannya sendiri, uang jajan yang dimilikinya akan habis dan tidak akan cukup untuk sebulan.

Pertama kali yang harus dilakukan apabila kita diberi uang jajan sebulan oleh orang tua kita yaitu langsung menyisihkan 20% dari uang jajan itu untuk disimpan. Setelah yang pertama sudah dilakukakan sisanya kita bagi dengan 30 hari untuk ongkos kita pergi kuliah dan untuk makan siang. Kalau masih ada sisa, kita boleh pergunakan uang itu sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan. Misalnya kalau perempuan untuk membeli baju, tas atau sepatu. Tetapi tidak boleh lebih dari sisa uang jajan yang kita miliki.

Kalau memang kebutuhan kita untuk sehari-hari ada yang kurang kita bisa menggunakan uang yang kita sisihkan. Misalnya untuk fotokopi atau untuk print tugas yang harus dikumpulkan.

Jadi kita harus bisa mengatur keuangan kita sebaik mungkin. Supaya uang jajan yang diberikan oleh orang tua kita cukup untuk sebulan.

Ayo mulai dari sekarang atur keuangan kita..jangan merepotkan orang tua terus ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar