Rabu, 30 Desember 2009

BISNIS INTERNASIONAL


Bisnis Internasional adalah kegiatan bisnis yang diadakan antar satu Negara dengan Negara lain.
Perdagangan Internasional (Internasional Trade) adalah transaksi bisnis yang dilakukanoleh suatu Negara dengan Negara lain.
Pemasaran Internasional adalah apabila transaksi bisnis dilakukan oleh suatu perusahaan dalam suatu Negara dengan perusahaan lain/orang/individu di Negara lain.
Manfaat diversifikasi :
1.Meningkatkan ukuran pasar
2.Tingkat pengembalian investasi
3.Skala ekonomi dan pembelajaran
Ada 2 transaksi dalam Bisnis Internasional yaitu :
1.Perdagangan Internasional
2.Pemasaran Internasional
Transaksi Bisnis Internasional antara lain :
Lisensi
Franchising
Joint venture
Multinasional corp. atau MNC
Alas an untuk melakukan Bisnis Internasional antara lain :
1.Spesialisasi antar bangsa yaitu bahwa setiap Negara memiliki keunggulan dan kelemahan untuk menentukan strategi produksi dalm bidang tertentu dikenal dengan konsep :
a.Keunggulan Absolute “Absolute Advantage” yaitu suatu Negara memegan monopoli dalam berproduksi dan perdagangan terhadap produk tertentu.
b.Keunggulan Komparatif “Comparative Advantage” yaitu suatu keadaan dimana Negara memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk menawarkan produk tersebut dibandingkan dengan Negara lain.
2.Pertimbangan pengembangan bisnis
Potensi Pasar Internasional ditentukan 3 faktor :
Strukur penduduk
Daya beli
Pola konsumsi konsumen
Tahap-tahap untuk memasuki Bisnis Internasional, yaitu :
1)Ekspor Insidentil
2)Ekspor aktif
3)Penjualan lisensi
4)Franchising
5)Pemasaran di luar negeri
6)Produksi dan pemasaran di luar negeri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar