Rabu, 24 Februari 2010

MASALAH-MASALAH SOSIAL

Masalah sosial merupakan gejala yang selalu ada dalam setiap masyarakat. Hampir tidak ada satu masyarakat pun di dunia ini yang tidak memiliki masalah sosial. Apalagi pada negara-negara berkembang, seperti misalnya Indonesia yang masih banyak mengalami perubahan-perubahan sosial, masalah-masalah sosial selalu muncul. Masalah sosial bisa muncul sebagai akibat terjadinya perubahan sosial, atau sebagai indikasi terjadinya perubahan sosial, atau bahkan sebagai penyebab terjadinya perubahan sosial.
Secara khusus, masalah sosial bisa dibaratkan sebuah penyakit atau gangguan kesehatan pada diri seorang individu. Penyakit atau gangguan kesehatan pada diri individu ditunjukkan oleh adanya kondisi tidak normal ( fisik atau psikis) pada individu yang bersangkutan yang dapat menimbulkan penderitaan atau kesengsaraan. Pada dasarnya, masalah sosial menyangkut masalah moral. Artinya, berkait erat dengan apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap tidak baik oleh masyarakat. Satu gejala sosial atau tata kelakuan masyarakat dikatakan sebagai masalah sosial jika bertentangan dengan apa yang dianggap baik oleh masyarakat.
Masalah-masalah sosial muncul dari kekurangan-kekurangan dalam diri manusia atau kelompok sosial yang bersumber pada faktor-faktor:
1. Ekonomis misalnya kemiskinan, pengangguran
2. Biologis misalnya penyakit
3. Psikologis misalnya persoalan penyakit syaraf (denurosis), bunuh diri disorganisasi jiwa.
4. Kebudayaan misalnya perceraian, kejahatan, kenakalan anak-anak, konflik rasial dan keagamaan.
Beberapa masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat pada umumnya: kemiskinan, kejahatan, disorganisasi keluarga; masalah generasi muda dalam masyarakat ; peperangan; pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat; masalah kependudukan; masalah lingkungan hidup; dan birokrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar