Kamis, 30 September 2010

CARA MEMAJUKAN KOPERASI DI INDONESIA

Nama : Indah Dwi Yulianti TUGAS EKONOMI KOPERASI

NPM : 26209241

Kelas : 2EB01

Seandainya saya menjadi presiden usaha yang saya lakukan untuk memajukan koperasi di Indonesia adalah..

  • Meningkatkan Sumber Daya Manusianya

Hal yang pertama harus diperhatikan adalah bagaimana cara merekrut calon-calon pengurus dan pemimpin yang akan mengelola dan mengembangkan koperasi tersebut. Para pengurus dan pemimpin yang dipilih harus berkompeten di bidangnya serta mempunyai rasa tanggung jawab dalam memimpin koperasi tersebut. Para pengurus dan pemimpin tersebut harus bekerjasama untuk meningkatkan kinerja koperasi tersebut agar masyarakat tertarik untuk bergabung dalam koperasi tersebut. Dan sebaiknya diadakan pelatihan-pelatihan agar para pengurus semakin mengerti bagaimana cara mengelola koperasi yang baik sehingga koperasi tersebut lebih maju dari sebelumnya dan dapat meningkatkan pendapatan bagi koperasi tersebut. Sehingga akan terpilih anggota yang cerdas dan berpendidikan dapat mengatur strategi agar koperasi dapat bertahan di sektor perekonomian dan dapat bersaing di pasar ekonomi juga dapat mengatur strategi meningkatkan pendapatan koperasi.

  • Meningkatkan Kesejahteraan Para Anggotanya

Koperasi bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya bukan untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Sehingga kopersi berbeda dengan badan usaha yang lainnya. Koperasi juga harus memberikan manfaat terhadap anggotanya. Misalnya dengan memberikan pinjaman kepada angotanya dengan bunga yang relative rendah. Tidak seperti ditempat lain. Pelayanan yang diberikan harus lebih baik. Sehingga membuat para anggotanya semakin nyaman bergabung dalam koperasi tersebut. Dan akan menarik minat masyarakat yang belum bergabung untuk bergabung dalam koperasi tersebut.

  • Membuat Rencana Kerja

Koperasi tersebut harus mempunyai perencanaan kerja yang baik dan terprogram untuk kelangsungan kerja koperasi. Sehingga pengurus koperasi tersebut akan merasa lebih mudah menjalankan tugas-tugasnya karena sudah direncanakan sebelumnya. Dan sebaiknya pemerintah tidak ikut campur dalam pengelolaan koperasi tersebut. Agar koperasi tersebut lebih mandiri dalam melaksanakan tugas-tugas yang telah dikerjakan dan direncanakan sebelumnya. Dan agar koperasi tersebut dapat bertahan dan bersaing dalam persaingan ekonomi yang semakin ketat akhir-akhir ini.

.

  • Meningkatkan Penjualan Barang

Hal yang harus dilakukan lagi adalah bagaimana barang-barang yang akan dijual di dalam koperasi tersebut. Barang-barang yang dijual harus yang berkualitas tetapi harganya tidak terlalu mahal sehingga para pembeli tertarik dan berminat untuk membeli barang di koperasi tersebut. Pelayanan yang diberikan juga harus lebih ramah dan sopan sehingga pembeli akan merasa nyaman. Dan agar terlihat lebih menarik sebaiknya koperasi tersebut mendekor ruangannya agar terlihat lebih nyaman. Sehingga pembeli tidak merasa bosan dan merasa lebih nyaman saat berada di dalam koperasi tersebut. Dan koperasi juga memerlukan sarana promosi misalnya membuat spanduk atau famflet yang di pajang di ujung-ujung jalan sehingga masyarakat yang belum mengetahui koperasi tersebut menjadi tahu tentang koperasi kita. Dan mungkin ada investor yang ingin nanamkan modalnya di koperasi ktersebut setelah melihat spanduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar